Distributor Boiler Uap

Distributor Boiler Uap

Pengenalan fungsi Boiler steam Uap

Boiler Ketel uap sangat populer untuk keperluan industri, terutama karena uap dapat melakukan perjalanan melalui sistem pipa besar jauh lebih mudah daripada air, yang akan membutuhkan banyak pompa.Boiler Steam Uap juga dapat digunakan dengan cara lain, seperti untuk menyesuaikan tingkat kelembaban atau peralatan sterilisasi dalam kasus rumah sakit.

Pengertian boiler adalah bejana tekan tertutup di mana air atau cairan lainnya dipanaskan di bawah tekanan. Cairan ini kemudian disirkulasikan keluar dari boiler untuk digunakan dalam berbagai proses untuk enegry penghasil panas, energiy penghasil uap steam. dengan adanya mesin boiler sebgian besar proses produk yang akan di kerjakan sangat tebantu. selain itu banyak kalangan industri maupun proses usaha lain banyak mengunakan boiler, karna keuntungan dan kelebihan proses produksi sangat terbantu.

Boiler-cap-3-Ton-bhan-bakar-Gas

Cara Kerja Boiler Uap

Ada dua desain utama ketel uap: tabung air dan tabung api / tabung asap (atau dikenal sebagai shell shell). Dalam boiler tabung air, air terkandung dalam tabung yang dikelilingi oleh gas panas. Dalam boiler shell, gas panas mengalir melalui tabung yang dikelilingi oleh air. Dalam kedua kasus tersebut, gas panas dapat memanaskan air. Boiler tabung air mampu mencapai tekanan sekitar 200 bar, sedangkan boiler shell akan mencapai tekanan maksimum sekitar 25 bar. Boiler shell dapat menghasilkan hingga 26 ton uap per jam, sehingga cukup untuk penggunaan industri.

Boiler steam Uap

Ketel itu sendiri adalah silinder horizontal besar yang memiliki insulasi di sekelilingnya. Ketel akan 75 persen penuh dengan air, memungkinkan celah 25 persen untuk uap. Tabung air dan boiler shell bekerja melalui sistem tiga jalur, namun informasi berikut ini hanya berlaku untuk boiler shell.

Di dalam ketel, tabung api berada di dalam air. Gas panas memasuki tabung api (first pass) dan berlanjut melalui ruang pembalik internal yang membalikkan gas buang, menuntun mereka ke dalam tabung asap (pass kedua). Ruang pembalik eksternal membalikkan gas buang untuk kedua kalinya, menuntunnya ke tabung asap lain (lintasan ketiga). Seolah-olah gas itu mengalir mundur dan maju melalui boiler, memanaskan air saat bergerak. Setelah gas bergerak melalui pass ketiga, ia keluar melalui cerobong asap. Air yang dipanaskan kemudian berubah menjadi uap.

Uap dapat diangkut di sekitar sistem melalui pipa dan air panas akan dipompa ke keran. Setiap uap yang mengembun di dalam pipa akan dikembalikan ke boiler, dan dipanaskan lagi. Sebagian air mungkin hilang seiring waktu dan perlu ditambahkan kembali.

Masa ketahanan Boiler uap

Masa umur rata-rata ketel uap adalah antara 20 dan 30 tahun, jika telah dipertahankan dengan benar. Ada banyak elemen ketel uap dan, untuk memastikan ketel berjalan dengan aman, ada beberapa pemeriksaan yang harus dilakukan secara teratur.

Air dingin masuk ke sistem boiler melalui sumber listrik. Air ini tidak akan sepenuhnya bersih dan mungkin mengandung kotoran dan kotoran. Sistem boiler harus memiliki filter yang dipasang untuk membersihkan air dan deaerator yang menghilangkan udara. Beberapa partikel dan lumpur mungkin tersisa, dan ini harus disaring melalui blowdown. Blowdown memungkinkan kotoran ini dihilangkan dari seluruh sistem. Ketika katup dibuka, hisap yang disebabkan oleh pembukaan menghilangkan materi padat dari lantai boiler. Katup dapat dibuka secara manual atau otomatis melalui program dan harus dirilis secara teratur untuk menghindari penumpukan kotoran.

Garam dapat dengan cepat menumpuk di ketel uap, yang dapat menyebabkan korosi pada ketel. Ini karena ketika air menguap, garam yang secara alami di dalam air tidak dapat menguap. Sebaliknya, mereka membentuk kerak padat. Karena itu, setiap boiler akan memiliki total padatan padatan terlarut (TDS). Sebuah sensor akan memungkinkan katup TDS dibuka ketika mendeteksi tingkat garam yang tidak biasa dalam sistem. Katup memungkinkan air dikeringkan, mengambil garam bersamanya, dan air baru yang disaring dapat menggantikan apa yang hilang.

Akhirnya, gas dan minyak hanya bisa terbakar ketika oksigen ada. Karena itu, setiap burner di dalam ketel uap akan memiliki kipas udara pembakaran yang terpasang. Untuk memastikan umur panjang boiler, suhu udara pembakaran harus antara 5 ° C dan 40 ° C.

Keunggulan Boiler steam Uap

Kelebihan Boiler uap :

  1. Cara Operasional mudah
  2. Penggunaan listrik rendah
  3. Biaya perawatan  murah
  4. Emisi gas yang rendah
  5. Output Pressure & Temperatur Tinngi
  6. Kebutuhan Custome Desain menyusuikan kebutuhan
  7. Proses produksi pun lancar

Pengoprasian Boiler uap untuk Industri di antaranya :

  1. Generasi Air Panas digunakan Sanitasi
  2. Air Panas digunakan Fasilitas
  3. Tenaga Uap digunakan Mesin
  4. Steam Uap digunakan Batching
  5. Steam Uap digunakan Diproses
  6. Steam Uap digunakanMemasak
  7. Mengurangi Risiko Mikrobiologis dalam Makanan
  8. Steam Uap digunakan Mengeringkan Makanan
  9. Steam Uap & Panas digunakan Kemasan

Share the Post

About the Author