Boiler water tube Bejana tekan

Boiler water tube Bejana tekan

Pengertian Dasar Boiler Bejana tekan

ketel uap Boiler adalah bejana tertutup dimana panas pembakaran dialirkan ke air sampai terbentuk air panas atau steam uap berupa energi kerja. Air adalah media yang berguna dan murah untuk mengalirkan panas ke suatu proses. Air panas atau steam pada tekanan dan suhu tertentu mempunyai nilai energi yang kemudian digunakan untuk mengalirkan panas dalam bentuk energi kalor ke suatu proses. Jika air didihkan sampai menjadi steam uap, maka volumenya akan meningkat sekitar 1600 kali, menghasilkan tenaga yang bertekanan tinggi yang mudah meledak, sehingga sistem boiler merupakan peralatan yang harus dikelola dan dijaga dengan sangat baik.

Hot water BoilerEnergi kalor yang dibangkitkan dalam sistem kettle memiliki nilai tekanan, temperatur, dan laju aliran yang menentukan pemanfaatan steam yang akan digunakan. Berdasarkan ketiga hal tersebut sistem evaporator mengenal keadaan tekanan-temperatur rendah (low weight/LP), dan tekanan-temperatur tinggi (high weight/HP), dengan perbedaan itu pemanfaatan steam yang keluar dari sistem heater dimanfaatkan dalam suatu expositions untuk memanasakan cairan dan menjalankan suatu mesin (business and mechanical boilers),atau membangkitkan energi listrik dengan merubah energi kalor menjadi energi mekanik kemudian memutar generator sehingga menghasilkan energi listrik (control boilers).

Namun, ada juga yang menggabungkan kedua sistem evaporator tersebut, yang memanfaatkan tekanan-temperatur tinggi untuk membangkitkan energi listrik, kemudian sisa steam dari turbin dengan keadaan tekanan-temperatur rendah dapat dimanfaatkan ke dalam compositions industri. Sistem kettle terdiri dari sistem air umpan, sistem steam, dan sistem bahan bakar. Sistem air umpan menyediakan air untuk heater secara otomatis sesuai dengan kebutuhan steam.

Berbagai kran disediakan untuk keperluan perawatan dan perbaikan dari sistem air umpan, penanganan air umpan diperlukan sebagai bentuk pemeliharaan untuk mencegah terjadi kerusakan dari sistem steam. Sistem steam mengumpulkan dan mengontrol produksi steam dalam evaporator. Steam dialirkan melalui sistem pemipaan ke titik pengguna. Pada keseluruhan sistem, tekanan steam diatur menggunakan kran dan dipantau dengan alat pemantau tekanan. Sistem bahan bakar adalah semua perlatan yang digunakan untuk menyediakan bahan bakar untuk menghasilkan panas yang dibutuhkan. Peralatan yang diperlukan pada sistem bahan bakar tergantung pada jenis bahan bakar yang digunakan pada sistem.

Boiler sistem

1). Sistem Air umpan

Air umpan adalah air yang disuplai ke evaporator untuk dirubah menjadi steam. Sedangkan sistem air umpan adalah sistem penyediaan air secara otomatis untuk heater sesuai dengan kebutuhan steam. Ada dua sumber Air umpan, yaitu:

♦Kondensat : steam yang telah berubah fasa menjadi air (mengembun)

♦Air make up : air baku yang sudah diolah

Untuk meningkatkan efisiensi evaporator air umpan sebelum di suplai ke heater dipanaskan terlebih dahulu menggunakan limbah panas dari smokestack.

2). Sistem Steam

♦Sistem steam adalah expositions pengontrolan produksi steam dalam heater, seperti: kapasitas, weight, dsb. Selanjutnya steam didistribusikan ke pengguna melalui jalur perpipaan.

3). Sistem Bahan bakar

♦Sistem bahan bakar adalah semua gear atau peralatan yang digunakan untuk menyediakan bahan bakar heater. Peralatan yang digunakan tergantung pada jenis bahan bakar yang digunakan evaporator.

Info Penjualan

Perusahaan kami tokomesinku adalah perusahaan yang memiliki bidang di dunia industri terutama di energi panas boiler, kami merupakan distributor boiler di indonesia yang menjalankan usahanya di kab tangerang banten sejaktahun 2015 dan sekarang sudah pulahan unit terjual di berbagai wilayah di nusantara dengan berbagai jenis boiler sperti, boiler water tube, boiler firetube, model boiler vertikal, model boiler horizontal, boiler tungku, boiler solar boiler gas dan lain sebagainya.

semoga artikel ini dapat membantu anda dan bisa bekerja sama kedepanya, slam sukses untuk kita semua.

Cantact marketing
Zaenal arifin
WA. 081385776935

Share the Post

About the Author