Pengertian Firetube Boiler

Pengertian Firetube Boiler

Definisi Steam Boiler Firetube

Boiler Fire Tube adalah bejana tertutup dimana panas pembakaran dialirkan ke air sampai terbentuk air panas atau steam. Air panas atau steam pada tekanan tertentu kemudian digunakan untuk mengalirkan panas ke suatu proses. Sistem boiler terdiri dari sistem air umpan, sistem steam dan sistem bahan bakar. Sistem air umpan menyediakan air untuk boiler secara otomatis sesuai dengan kebutuhan steam. Berbagai kran disediakan untuk keperluan perawatan dan perbaikan. Sistem steam mengumpulkan dan mengontrol produksi steam dalam boiler. Steam dialirkan melalui sistem pemipaan ke titik pengguna. Pada keseluruhan sistem, tekanan steam diatur menggunakan kran dan dipantau dengan alat pemantau tekanan. Sistem bahan bakar adalah semua peralatan yang digunakan untuk menyediakan bahan bakar untuk menghasilkan panas yang dibutuhkan.

Firetube Boiler

Fire Tube Boiler dikenal sebagai boiler Shell karena dalam boiler ini semua permukaan yang berkontribusi terhadap perpindahan panas tertutup di dalam shell yang terbuat dari baja. Mereka dapat juga disebut sebagai boiler tabung Asap . Seperti namanya, dalam sistem boiler tabung api, gas buang panas yang keluar dari reaksi pembakaran dilewatkan melalui tabung boiler. Tabung-tabung ini pada gilirannya dikelilingi oleh air yang perlu dipanaskan. Panas kemudian ditransfer ke air yang bersirkulasi melalui gas panas yang dihasilkan oleh pembakar. “Dalam boiler firetube , gas pembakaran melewati di dalam tabung boiler, dan panas ditransfer ke air di sisi shell.Dengan cara ini air diubah menjadi uap untuk pemanfaatan ke berbagai aplikasi proses. Boiler yang paling banyak digunakan untuk aplikasi industri adalah boiler laut Scotch .

Fitur Utama Fire Tube Boiler 

  • Boiler tabung api sering ditandai dengan jumlah lintasannya, mengacu pada berapa kali gas pembakaran (atau cerobong) mengalir sepanjang bejana tekan saat mereka memindahkan panas ke air.”
  • Setiap lintasan memungkinkan gas pembakaran panas melewati tabung ketel dengan arah yang berbeda. Setiap kali, untuk menyusun lintasan selanjutnya, gas buang di boiler membuat pergeseran 180 derajat dan kembali melalui cangkang.
  • Boiler three-pass khas terdiri dari tiga set tabung boiler sedangkan boiler empat-pass berisi empat set. Outlet outlet jika yang pertama biasanya diposisikan di bagian belakang boiler sementara yang terakhir akan memiliki outlet stack yang terletak di ujung depan.
  • Berbagai jenis pengaturan tabung ketel tersedia untuk sistem boiler tabung api tergantung pada jumlah lintasan yang dibuat oleh gas buang panas yang muncul dari tungku boiler hingga saat mereka dikeluarkan dari sistem ketel.
  • Dalam hal boiler yang terbuat dari baja biasa, gas pembakaran panas yang masuk ke ruang pembalikan diharuskan untuk didinginkan pada suhu 420 ° C sebelum masuknya sedangkan jika boiler memiliki konstruksi baja paduan, suhu ini harus setidaknya 470 ° C. Jika suhu gas pembakaran terjadi lebih dari yang direkomendasikan maka masalah seperti overheating dan cracking tabung boiler dapat terjadi.
  • Karena sistem boiler tabung api terdiri dari sejumlah besar air di dalamnya yang dipelihara pada titik suhu jenuh, biasanya berfungsi sebagai tempat penyimpanan energi yang signifikan untuk menangani aplikasi beban jangka pendek yang sangat cepat. Namun, fakta ini dapat menimbulkan keterbatasan besar juga karena penumpukan kembali cadangan energi akan diperlukan yang mungkin menghabiskan banyak waktu.
  • Saat ini, boiler shell terbesar yang menawarkan 1.500 tenaga kuda boiler yaitu sekitar 50.000 lbs / jam telah tersedia.

Aplikasi Utama Firetube Boiler :

  • Pengeringan Bahan Baku
  • Pembersih nitralisir bakteri
  • Londry setrika sekala besar
  • Untuk pengoperasian lokomotif uap
  • Di pabrik kecil dan proses industri
  • Untuk sistem pemanas rumah dll.

Pabrik Distributor Steam Boiler 

Tokomesinku adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang industri dan menguasai sistem boiler fire tube, kami menyediakan beberapa setock steam boiler dengan berbagai jenis dan ukuran dan bisa melayani secara custom. perusahaan kami beralamat di tangerang tepatnya di kec sepatan timur juga menyediakan berbagai perlengkapan sparepart boiler lainya seperti, pompa KSB, pompa sihi, pompa ebara, pompa granfos, burner riello, burner FBR, burner weshoupt, pipa boiler seamless bersertifikat, valve2, level glass,  dll.

Trimakasih atas kunjungan anda ke halaman artikel kami, semoga bisa bermanfaat buat kita semua dan yang kami harapkan kita bisa bekerja sama untuk menjadi rekanan kedepanya. apabila ada suatu hal teknis atau kebutuhan mengenai alat2 indutri berhubungan dengan steam boiler bisa hubungi kami segera.

Marketing sales
Zaenal arifin
Hp. 081385775935
Email. arifin@indira.co.id

Share the Post

About the Author